Rabu, 06 Maret 2013

Perbedaan Class dan Objek dalam OOP serta Keunggulan dari Pemrograman Java

Sebelum kita membahas perbedaan Class dan objek ada baiknya kita mengerti dahulu tentang OOP (Object Oriented Programming),
Pengertian OOP
Sekilas deskripsi ringkas tentang OOP adalah mengorganisasikan program sebagai kumpulan komponen, disebut objek. Objek-objek ini ada secara independen, mempunyai aturan-aturan berkomunikasi dengan objek lain dan untuk memerintahkan objek lain guna meminta informasi tertentu atau meminta objek lain mengerjakan sesuatu. Kelas bertindak sebagai modul sekaligus tipe. Sebagai tipe maka pada saat jalan, program menciptakan objek-objek yang merupakan instan-instan kelas. Kelas dapat mewarisi kelas lain. Java tidak mengijinkan pewarisan jamak namun menyelesaikan kebutuhan pewarisan jamak dengan fasilitas antarmuka yang lebih elegan
            OOP (Object Oriented Programming) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada Object,semua data dan fungsi didalam paradigma di kemas dalam kelas-kelas dan objek.
Konsep OOP
        Konsep dari OOP adalah terdiri dari Class dan Objek,Class dicetak biru dalam membuat Objek,sedangkan Objek adalah contoh langsung dari sebuah Class.
Perbedaan Class dan Objek dalam Pemograman Java :
Class(kelas) merupakan kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi  dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu.Sebagai contoh”Class of dog” adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi –fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku.
Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenai oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada,dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen(sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP.Dengan modularitas,struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui Program tersebut.Cara seperti ini lah  akan menyederhanakan pemetaan dari masalah kesebuah program ataupun sebaliknya,sedangkan Objek membungkus atau mengemas data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer,Objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program berorientasi objek.

Apa sih Pemrograman Java itu ??
Pemorgraman Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas. Kelas terdiri atas metode-metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya. Para pemrogram Java banyak mengambil keuntungan dari kumpulan kelas di pustaka kelas Java, yang disebut dengan Java Application Programming Interface (API). Jadi ada dua hal yang harus dipelajari dalam Java, yaitu mempelajari bahasa Java dan bagaimana mempergunakan kelas pada Java API.
Beberapa Keunggulan Pemrograman Java :
·         Keunggulan menggunakan Pemrogram Java yaitu java merupakan bahasa yang sederhana. Java dirancang agar mudah dipelajari dan digunakan secara efektif. Java tidak menyediakan fitur-fitur rumit bahasa pemrograman tingkat tinggi, serta banyak pekerjaan pemrograman yang mulanya harus dilakukan manual, sekarang digantikan dikerjakan Java secara otomatis seperti dealokasi memori.

  • Seluruh objek diprogram harus dideklarasikan lebih dulu sebelum digunakan. Ini merupakan keunggulan Java yaitu Statically Typed Pemaksaan ini memungkinkan kompilator Java menentukan dan melaporkan terjadinya pertentangan (ketidakkompatibelan) tipe yang merupakan barikade awal untuk mencegah kesalahan yang tidak perlu (seperti mengurangkan variabel bertipe integer dengan variabel bertipe string). Pencegahan sedini mungkin diharapkan menghasilkan program yang bersih. Kebaikan lain fitur ini adalah kode program lebih dapat dioptimasi untuk menghasilkan program berkinerja tinggi.
  • Java menggunakan model pengamanan tiga lapis (three-layer security model) untuk melindungi sistem dari untrusted Java code. Pertama, bytecode verifier membaca bytecode sebelum dijalankan dan menjaminbytecode memenuhi aturan-aturan dasar bahasa Java. Kedua, class loader menangani pemuatan kelas Java ke runtime interpreter. Ketiga, manajer keamanan menangani keamanan tingkat aplikasi dengan mengendalikan apakah program berhak mengakses sumber daya seperti sistem file, port jaringan, proses eksternal dan sistem window.
  • Platform independence adalah kemampuan program bekerja di sistem operasi yang berbeda. Bahasa Java merupakan bahasa yang secara sempurna tidak bergantung platform.
  • Java juga termasuk bahasa Multithreading. Thread adalah untuk menyatakan program komputer melakukan lebih dari satu tugas di satu waktu yang sama.
  • Program Java melakukan garbage collection yang berarti program tidak perlu menghapus sendiri objek-objek yang tidak digunakan lagi. Fasilitas ini mengurangi beban pengelolaan memori oleh pemrogram dan mengurangi atau mengeliminasi sumber kesalahan terbesar yang terdapat di bahasa yang memungkinkan alokasi dinamis.
Jadi keuntungan menggunakan bahasa pemrograman Java antara lain :
Memori pada Java secara otomatis dilengkapi garbage collector yang berfungsi mendealokasi memori yang tidak diperlukan. Tidak ada lagi upaya yang dilakukan pemrogram untuk melakukan dispose(). Kita tidak lagi dibebani urusan korupsi memori. Java menerapkan array sebenarnya, menghilangkan keperluan aritmatika pointer yang berbahaya dan mudah menjadi salah. Menghilangkan pewarisan jamak (multiple inheritance) diganti fasilitas antarmuka. Dan mudah dijalankan diberbagai platform.

Semoga bermanfaat mengenai perbedaan Class dan Objek,serta beberapa keunggualn Pemrograman Java.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar